Riwayat Masjid Al Mukhlisin


Sebelum memiliki tempat peribadatan (Masjid) warga Kompleks Deplu Gandaria Selatan yang ingin menunaikan ibadah menggabungkan diri ke masjid-masjid di sekeliling kompleks, diantaranya ke Masjid Al Munir di Kompleks Dep. Agama Gandaria Selatan, Masjid Darul Ma’arif di Kompleks Perguruan Darul Ma’arif di cipete Selatan dll. Lama-kelamaan timbul inisiatif ingin mendirikan Masjid di Kompleks Deplu sendiri karena pada waktu masih tersedia lahan bedeng / gudang (bangunan) di dalam Kompleks Deplu Gandaria Selatan.
Setelah berulang-kali mengadakan rapat / musyawarah, alhamdulillah pada tanggal 1 Juni 1966 terbentuklah pengurus Masjid sebagai berikut :
– Ketua : Bp. Ida Hidayat
– Wakil Ketua : Bp. A. Y. Dt. Bandaharo
– Sekretaris : Bp. Atang Ismail
– Wk. Sekretaris : Bp. Sofyan Habib
– Bendahara : Bp. M. Kamil. Karena uzur (sakit) diganti Bp. Untung Mardjono

Seksi-seksi : Peribadatan & Muamalah
Penerangan & Perpustakaan
Kebersihan & Keindahan
Keamanan & Ketertiban
Remaja Masjid
Bulletin

Setelah itu Pengurus Masjid mengirim utusan untuk memohon izin akan mendirikan bangunan Masjid dari Deplu Kepala Biro Tata Usaha (Bp. Ali Mursyid), alhamdulillah di izinkan, mula-mula di lahan yang sekarang berdiri Panin Bank, karena dikhawatirkan terkena pelebaran jalan, maka akhirnya di izinkan di tempat yang sekarang dimana Masjid Al Mukhlisin berdiri yaitu bekas bedeng / gudang) bangunan.
Setelah mendapat izin dari dinas (sayang waktu itu tidak tertulis) kemudian dibentuklah Panitia Pembangunan, yang susunannya sebagai berikut :
– Ketua : Bp. Wirta Atmadja
– Sekretaris : Bp. Pudja Sobaha
– Bendahara : Bp. Munir Arsyad
– Pembantu Umum : Bp. Ida Hidayat
(di dalam melaksanakan pencarian dana maupun pelaksanaan pembangunannya dikerjakan secara gotong royong dan didukung oleh seluruh warga Kompleks Deplu Gandaria Selatan).
Dana sat itu terkumpul Rp. 750.000,00 (Tujuh ratus lima puluh ribu Rupiah), setelah pembangunan selesai, penggunaan secara resmi dilakukan dengan pengguntingan pita oleh Bp. Kris Nurmathias atas nama Deplu, pada tanggal 1 Juni 1967.
Dengan adanya renovasi gedung Deplu Pejambon th. 1970 Pengurus Masjid memanfaatkan bahan-bahan yang masih dapat digunakan untuk memperbesar bangunan Masjid Al Mukhlisin sehingga dapat memuat jamaah yang lebih banyak lagi.
Kemudian pada tahun 1977 / 1978 atas amal jariah seorang jamaah yaitu Alm. Bp. Drs. M. Ardi Pudjihardjo masjid direnovasi lagi dan diperindah bangunannya, hingga berbentuk seperti sekarang ini.
Berkenaan dengan permintaan pengunduran diri Bp. M. Ida Hidayat sebagai Ketua Masjid Al Mukhlisin, maka pada tanggal 1 Juni 1989 dengan persetujuan Ketua RW 03 dan Ketua Ikatan Keluarga Deplu Gandaria Selatan, kemudian susunan pengurus Masjid Al Mukhlisin dirubah sebagai berikut :
A. Pembina :
1. Bp. Drs. H. W. A. Miftach SE.
2. Bp. DR. R. H. Soeharko Kasran

B. Penasehat :
1. Bp. H. Ida Hidayat
2. Bp. Drs. H. Musanif Hasibuan
C. Pengurus :
Ketua I : H. Abu Su’ud
Ketua II : H. Omon Abdul Munir
Sekret. I : Bp. H. Sofyan Habib
Sekret II : Bp. Sukara
Bend. I : Bp. H. Kayat Kadiya
Bend. II: Bp. Djusa Al Utja
Merbot : Bp. Untung Mardjono Bp. Sutomo
Imam Rawatib : 1. H. Omon Abd. Munir
2. H. Abu Su’ud
3. Abdul Ghoni
Adapun dana keuangan Masjid Al Mukhlisin diperoleh dari beberapa sumber, antara lain :
a. Sumbangan / donatur tetap
b. Donatur jamaah sholat Jum’at
c. Donatur dari teman-teman yang masih aktip di Deplu maupun dari teman-teman di perwakilan-perwakilan RI di luar negeri dan
d. Donatur-donatur lainnya.

Pada awal tahun 1995 kami kedatangan seorang donatur yang akan menyumbangkan sejumlah uang, karena pada waktu itu masih ada lahan dan kami memerlukan tempat untuk pengajian anak-anak, maka sumbangan itu kami terima dalam bentuk bangunan yaitu aula di belakang Masjid yang penyerahannya dilakukan oleh Almarhum Drs. H. Ardi Pujdihardjo pada tanggal 30 April 1995.
Atas kerja sama dengan Yayasan Asy-Syifa war Rohmah, digunakan untuk tempat anak-anak dan pengajian Ibu-ibu serta pertemuan bulanan jamaah pengajian ibu-ibu.
Sedangkan pengajian bapak-bapak dilaksanakan pada tiap-tiap hari Kamis malam Jum’at waktunya yaitu setelah selesai sholat Maghrib berjamaah sampai tibanya waktu sholat Isya.
Dalam menyelenggarakan sholat Jum’at, kami (Masjid Al Mukhlisin) bekerja sama dengan Perguruan Darul Ma’arif, IAIN Syarif Hidayatullah, PTIQ. Lembaga Pengembangan Dakwah An Ni’mah, Yayasan Swadaya Putra Desa dll. Dalam pengambilan tenaga-tenaga khotib dan Imam sholat Jum’at.
Tiap tahun kami menyelenggarakan sholat Idul Fitri dan Idul Adha, menyelenggarakan penerimaan penyaluran sholat Idul Fitri dan Idul Adha, menyelenggarakan penerimaan & penyaluran hewan qurban dna kegiatan-kegiatan lainnya.
Demikian sekilas tentang kegiatan masjid Al Mukhlisin, semoga para jamaah kaum muslimin dan muslimat memakluminya.

Jakarta, 27 september 2003

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: