Fungsi dan Peranan Masjid


Masjid berfungsi sebagai tempat ibadah dan mengayomi dan membina umat sekitarnya secara aktif.

Dengan luasnya fungsi masjid, tidak mungkin di kelola oleh satu orang atau oleh sekelompok kecil orang. Masjid akan menjadi kecil peranannya apabila pengaturannya tidak rapi.

Pengurus Masjid dalam jabatan apapun hendaknya memiliki keahlian memimpin (Leadership). Apakah ia ketua, sekretaris, bendahara, penasihat umum di segala bidang harus yang berpengalaman.

Setiap pengurus harus mempunyai inisiatif yang efisien, efektif untuk merumuskan tujuan dan rencana demi memakmurkan masjid.

Salah satu bentuk nyata dari inisiatif ialah adanya perencanaan, semua unit kepengurusan harus mempunyai rencana yang mantap dan kongkret dalam bidangnya.

Adapun semua pengurus harus saling koordinasi untuk menentukan suatu kebijakan yang positif baik dalam perawatan maupun kegiatan memakmurkan Masjid.

Maksud akan menjadi makmur bila seluruh pengurusnya baik dalam arti perawatan gedung baik, pengaturan, penyusunan ibadah shalatnya, imamnya dan jamaah sekitarnya.

Seorang sekertaris dalam menghitung pemasukan uang harus transparan, disetorkan ke bendahara yang jujur dan mengerti bagaimana mengatur amal orang – orang yang sedekah, berinfaq. Bendahara bukan saja menyimpan dan mengumpulkan uang menjadi banyak, tetapi juga harus mengerti tentang penyalurannya. Bagaimana mestinya orang-orang yang telah beramal dan tersalur dengan baik, amalnya tidak tertahan di kas atau di bank.

Disini pentingnya bendahara yang sholeh, sekretaris yang jujur dalam rangka mendapat rihdo Allah SWT.

Berbeda dengan bendahara perusahaan yang dihitung keuntungan atau banyaknya pendapat sedikit pengeluaran. Seorang bendahara Masjid harus mengerti norma-norma agama, baik fiqihnya maupun ibadah lainnya.

Kesejahteraan para marbot harus dipikirkan tidak ada salahnya yang merawat masjid di gaji untuk kehidupan keluarganya. Disamping ikhlas bekerja, keluarganya perlu biaya hidup. Mengingat tidak ada orang yang ekonominya cukup mau membersihkan masjid.

Infak, Shodaqoh, zakat mal seorang akan mendapat pahala besar apabila amalnya tersalur dengan baik / objektif.

Allah yang akan mengganti rezeki seseorang yang beramal dan masjid sebagai tempat penyaluran akan terus menerus mendapat dana yang tak terduga dari seluruh donatur yang berinfaq, bersodaqoh melalui gerakan Allah SWT.

Disinilah pentingnya pengurus Masjid, harus betul-betul yang mengerti agama kalau sholatnya baik pasti kerjaannya pun baik. Bukannya rajin sholat dan ke masjid akan tetapi sejauh mana ibadahnya dari mulai bacaannya sampai keikhlasannya.

Karena banyak yang ke masjid, rajin ke masjid hanya ingin dipuji, ingin jadi pengurus tetapi sholatnya belum beres. Seseorang yang ingin menjadi pengurus Masjid harus diuji kelayakan bacaan – bacaan wajib sholat dan juga fiqihnya harus rapi. Karena rumah Allah kalau di urus oleh orang yang pendidikan agamanya masih minim, tidak akan berkembang baik fisik maupun mental orang – orang tersebut atau sikap tingkah laku kian bobrok.

Dengan demikian hasil kerjanya tidak mendapat ridho Allah melainkan dosa yang amat besar serta kehancuran orang-orang yang mengurus beserta keluarganya.

Tulisan ini dicetak dan disebar agar masyarakat mawas diri khususnya yang aktif maupun yang pro aktif mengurus masjid. Mengingat berapa banyak masjid –masjid di Jakarta yang di pegang oleh orang – orang yang kurang ilmu agamanya, yang menjadikan Masjid kecil peranannya. Yang dia lihat Masjidnya besar dan pendapatan uangnya cukup besr dan saling berebut mau jadi pengurus. Akhirnya timbul khianat terhadap Allah SWT. yang akan mereka dapat hanya azab dunia dan akhirat. NAAUZUBILLAHI MIN ZALIK

TIM PENASIHAT MASJID JAKARTA DAN SEKITARNYA.

Satu Tanggapan

  1. Kambing & Sapi Qurban 2008/1429 H

    Kambing Qurban

    Kelas Harga Perkiraan
    Berat Hidup

    A Rp 800.000 +/- 21 kg
    B Rp 900.000 +/- 23 kg
    C Rp 1.000.000 +/- 26 kg
    D Rp 1.200.000 +/- 28 kg
    E Rp 1.300.000 +/- 30 kg
    Super Rp 1.700.000 +/- 35 kg

    Sapi Qurban

    Kelas Harga Perkiraan
    Berat Hidup
    A Rp 9.000.000 +/- 250 kg
    A Rp 10.000.000 +/- 270 kg
    C Rp 11.000.000 +/- 300 kg
    Super Rp 13.000.000 +/- 380 kg
    Catatan:
    • Bonus khusus akan diberikan untuk panitia qurban setiap pembelian kolektif minimal 4 ekor sapi atau 10 ekor kambing qurban.
    • Hewan sehat & berkualitas. Memiliki surat dari Dinas Peternakan dan Pertanian.
    • Insya Allah memenuhi syariat.
    • Menerima pesanan baik dari luar daerah maupun luar negeri dan siap disalurkan.
    • Pembayaran dapat dilakukan cash atau transfer via bank.
    PEMESANAN DAN KONFIRMASI TELP. 021-96300031 & 08561304208

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: